Kamis, 19 November 2015

Tri Rismaharini Sang Walikota Surabaya

Profil dan Biografi Tri Rismaharini Sang Walikota Surabaya
     
PROFIL

Nama Lengkap : Tri Rismaharini
Tempat Lahir : Kediri
Tanggal Lahir : Senin, 20 November 1961
Zodiac : Scorpion
Warga Negara : Indonesia
 Agama : Islam
Suami : Ir. Djoko Saptoadji
Anak : Fuad Bernardi & Tantri Gunarni Saptoadji 
BIOGRAFI  
Siapa sih yang tidak kenal dengan sosok ini?? Seorang wanita cantik, tegas, dan juga sangat bijak. Tentu hampir setiap masyarakat terlebih warga Surabaya sangat mengenal profil lengkap walikota Surabaya ini. Ia merupakan wanita pertama di Indonesia yang dipilih secara langsung menjadi wali kota. Wanita yang akrab dipanggil Risma ini adalah walikota Surabaya yang sangat terkenal dengan ketegasannya. Meskipun wanita namun tak kalah tegas dalam setiap keputusan yang diambil sehingga dapat menjadikan Surabaya berkembang lebih maju kearah yang lebih baik. Karena ketegasan dan juga prinsip kuat inilah yang menjadikan Risma dijuluki sebagai salah satu Sri Kandi.
 
Berdasarkan biografi Tri Rismaharini, beliau lahir di Kadiri, Jawa Timur, pada tanggal 20 November 1961. Beliau merupakan seorang sarjana arsitektur Institute Teknologi Sepuluh November. Dan magister dalam bidang Managemen Pembanguan Kota di kampus yang sama. Beliau mengawali karir politiknya sebagai salah satu kader dari partai PDIP. Risma menikah dengan Ir. Djoko Saptoadji dan telah dikaruniai dua orang anak Fuad Bernardi dan Tantri Gunarni Saptoadji. Sebelum menjadi seorang walikota Risam telah bekerja di pemerintahan dengan menempati berbagai posisi.

Dalam profil lengkap Tri Rismaharini dapat dilihat bahwa pada awal tahun 1997 hingga tahun 2000 Risma telah menjabat sebagai kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Ruangan Tanah Bappeko Surabaya. Pada tahun 2001, Risma berganti posisi sebagai Kepala Saksi Pendataan dan Penyuluhan Dinas Bangunan Kota Surabaya. Menurut Biografi Tri Rismaharini, beliau juga pernah menjabat atau menempati posisi sebagai Kepala Bagian Bina Bangunana pada tahun 2002. Sejauh ini dapat terlihat jika Risma memang memiliki kualitas dan juga kemampuan yang mumpuni untuk menjadi seorang walikota.
Hingga pada akhirnya Risma memutuskan untuk menjadi seorang walikota. Risma menjadi walikota Surabaya mengantikan Bambang Dwi Hartono yang kemudian menjadi wakilnya. Mereka merupakan kader PDI-P. Risma memenangkan pilkada dengan 358.187 suara. Bukti konkret dari kepemimpinan Risma adalah tata letak Surabaya menjadi semakin asri, indah, dan juga sejuk. Risma telah mengemban tugas ini selama ia menjadi kepala bagian DKP dan kemudian tugas tersebut beliau lanjutkan ketika beliau telah menjabat sebagai walikota selama 2 periode secara berturut-turut.

Biografi Tri Rismaharini merupakan biografi seorang tokoh walikota wanita pertama di Indonesia yang memenangkan pikada langsung. Beliau adalah sosok yang tegas, cerdas, dan juga bijak
.
PENDIDIKAN
  • SMP Negeri X Surabaya (1976)
  • SMU Negeri V Surabaya (1980)
  • S-1 Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) (1987)
  • S-2 Manajemen Pembangunan Kota Surabaya ITS (2002)
  •  
KARIR
  • Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Bappeko Surabaya (1997-2000)
  • Kepala Seksi Pendataan dan Penyuluhan Disbang (2001)
  • Kepala Cabang Dinas Pertamanan (2001)
  • Kepala Bagian Bina Bangunan (2002)
  • Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan (2005)
  • Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (2010)
  • Wali Kota Surabaya (2010-2015)

FOTO Kegia

 



 
 

 
Demikian profil dan biografi Tri Rismaharini semoga bermanfaat kepada pembaca, serta dapat memberikan inspirasi terhadap sosok perempuan satu ini. Terima Kasih.


http://www.profilpedia.com/2015/01/profil-dan-biografi-tri-rismaharini.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar